Bermain ‘Ketat’ di Poker Membuat Keputusan Lebih Mudah

Poker adalah permainan yang sangat sulit. Seorang pemain profesional pernah berkata, “Hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk mempelarinya, tetapi memerlukan waktu seumur hidup untuk menguasainya.”

Tidak ada kata-kata yang lebih tepat daripada itu.

Tidak seperti permainan kasino lainnya seperti blackjack, baccarat, roulette, atau game slot yang hanya mengandalkan keberuntungan, poker benar-benar membutuhkan strategi karena yang menjadi lawan anda adalah pemain lain, bukan bandar atau mesin.

Kebanyakan pemain poker pemula memainkan terlalu banyak kartu dan memainkannya terlalu jauh ketika mereka mulai bermain Texas Hold’em Poker.

Salah satu hal utama yang harus anda pelajari ketika memutuskan untuk menjadi pemain yang sukses adalah bermain ketat/tertutup (tight), artinya bermain lebih sedikit kartu. Dengan melakukan ini, anda hanya bermain kartu awal yang berkualitas, sehingga membuat permainan anda di tahap selanjutnya menjadi lebih mudah.

Cara Menang Bermain Poker

Bermain dengan gaya ‘ketat’ adalah dasar ketika belajar bermain poker yang menang. Saya mengatakan ‘poker yang menang’ karena semua orang tahu cara bermain poker tetapi sedikit yang memahami bagaimana bermain poker yang menang.

Keputusan awal anda apakah akan lanjut bermain dengan kartu anda atau tidak, harus dilakukan sebelum flop. Tidak seperti flop dan turn, di mana anda mungkin hanya bermain sekali atau dua kali, anda harus membuat keputusan pada setiap kartu yang anda mainkan di tahap pre-flop.

Jika anda bermain pada tahap pre-flop (sebelum tahap flop) secara longgar/terbuka, anda cenderung mengeluarkan uang setiap kali anda memainkan permainan yang seharusnya tidak anda lakukan. Karena itu, strategi pertama yang sangat penting yang harus anda kuasai adalah bermain ketat sebelum flop.

  • Mainkan Hanya Kartu Terbaik Sebelum Flop

    Sebelum tahap flop, anda harus bermain hanya jika anda memiliki kartu awal yang benar-benar bagus.

    Anda harus mencari kartu yang sudah menjadi monster, misalnya AA, KK, QQ, dan lain-lain. Mainkan pair tinggi, yaitu kartu yang membuat pair tinggi dan ketika anda mendapatkannya, pastikan juga bahwa kicker-nya juga bagus. Misalnya, A-K, A-Q, K-Q, dan lain-lain.

    Anda juga dapat memainkan kartu spekulatif yang berkualitas, kartu yang bernilai tinggi dan berkesempatan meraih pot besar, misalnya 10-9, 8-9, dan lain-lain yang memiliki jenis bunga yang sama, atau bisa juga pair kecil.

    Sisa kartu lainnya harus dihindari karena tidak hanya menunjukkan harapan yang negatid, tetapi juga sangat sulit untuk dimainkan setelah flop.

    Kartu seperti K-5 mungkin terlihat bagus, terdapat King dan memiliki jenis bunga yang sama, tetapi penampilan menipu di situasi ini. Ini sebenarnya adalah kartu yang sangat lemah.

  • Jangan Tertipu oleh Flush!

    Anda mungkin berpikir bahwa semua ini bisa diatasi oleh kemampuan kartu untuk membuat Flush. Sayangnya, tidak begitu menguntungkan. Memiliki kartu dengan jenis bunga yang sama hanya menambah 2% dari kemungkinan keseluruhan untuk menang.

    Secara umum, jika anda harus fold kartu yang tidak berjenis sama, maka anda mungkin juga harus fold untuk yang berjenis sama.

    Flush tidak muncul cukup sering untuk menggantikan keterpurukan dari kartu awal yang buruk. Jadi, berhentilah mempertahankan kartu yang lemah hanya karena kartu itu memiliki jenis bunga yang sama.

    Bandingkan itu dengan kartu seperti A-K. Ketika A-K mencapai tahap flop, anda akan membuat pair tinggi dengan kicker terbaik. Anda tidak akan pernah gentar saat showdown.

    Anda bisa memainkan kartu ini dengan percaya diri, anda tahu di mana anda berdiri dengan kartu anda. Minimalkan sikap ‘menebak’.

  • Ketika Anda Mengenai Sasaran, Anda Tahu di Mana Anda Berada

    Inilah sebabnya kenapa memainkan kartu awal yang baik akan membuat tahap berikutnya lebih mudah. Ketika anda tepat sasaran, anda tahu di mana anda berada. Anda memiliki kartu berkualitas yang dapat ditunjukkan di tahap showdown.

    Anda akan jarang menemui perasaan gusar atau takut pada diri anda. Jika anda hanya bermain kartu yang menunjukkan harapan positif pada pre-flop, sisa permainan anda berikutnya akan jatuh pada tempatnya.

    Kartu pre-flop anda yang bagus akan menjadi kartu port-flop (setelah tahap flop) yang baik, dan anda akan bisa membuat keputusan yang lebih mudah dalam tahap-tahap selanjutnya serta mampu menjatuhkan kartu-kartu lemah dengan kartu pre-flop anda.

    Contoh ekstrim dari bermain ketat adalah saat anda memutuskan untuk hanya bermain kartu As, King dan Queen dan anda akan melakukan fold pada yang lainnya.

    Ini akan membuat permainan anda di tahap flop dan selanjutnya menjadi sangat mudah. Tidak akan ada permainan menebak.

    Jika anda memegang kartu pair yang tinggi, anda harus bet (bertaruh); jika tidak anda harus bermain perlahan. Keputusan marjinal harus dihilangkan.

    Gaya ini, tentu saja sangat mudah dieksploitasi dan tidak akan pernah menguntungkan. Itu hanyalah contoh bagaimana bermain ketat membuat segalanya menjadi lebih mudah di permainan selanjutnya.

    Saya tidak akan pernah menyarankan anda untuk hanya bermain As dan King, tetapi itu akan menjadi strategi yang lebih baik daripada memainkan setiap kartu yang menghampiri anda.

Strategi Terbaik untuk Pemain Poker Pemula

Jelas strategi terbaik bermain poker ada di suatu tempat di tengah-tengah. Lakukan fold pada kartu anda yang lemah dan mainkan kartu anda yang kuat dengan agresif.

Sebagai seorang amatir dan pemula dalam game, anda dijamin akan melakukan banyak kesalahan di setiap sesi. Dan setiap kali anda membuat kesalahan di meja poker, anda berisiko bangkrut.

Semakin banyak kartu marjinal yang anda mainkan, semakin sulit keputusan yang anda ambil. Dan itu berarti semakin banyak kesalahan yang akan anda buat. Semakin banyak kesalahan yang anda buat, semakin sering anda menemukan diri anda semakin terpuruk.

Jika anda memulai hanya dengan kartu yang berkualitas, anda akan membuat keputusan anda lebih mudah.